berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERPUSTAKAAN "PROF. SITI BAROROH BARIED" MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERAKREDITASI "A"

Sabtu, 19 September 2020

Guru Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Punya Karya





Menulis merupakan sebuah kegiatan untuk menuangkan ide kita. Namun bagi guru-guru di mu'allimaat menulis sebuah bentuk kisah yang bisa menginspirasi para siswanya. Nah disini kami akan berbagi tulisan kreatif beberapa guru yang berkarya di bidangnya masing-masing. Siapa saja guru yang menulis  dan apa saja bukunya.. yuksss kita kupas satu per-satu, antara lain sebagai berikut:

1. Kala Guru Seni Budaya dan Prakarya Berbagi Cerita

Buku antologi guru Seni Budaya dan Prakarya berisi tentang kisah guru seni serta cerita serunya mengajar. Salah satu Guru dari Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta juga ikut menyumbangkan cerita inspiratifnya, yaitu Ustadzah Puput Utami beliau menulis dengan Judul"Tantangan Guru Seni Di Sekolah Asrama".

2. Mengabdi Untuk Negeri

Buku ini di tulis oleh Ustad Muhammad Arief Nugroho, di Mu'allimaat beliau pernah mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Dalam antologi buku Mengabdi Untuk Neeri, beliau menulis dengan judul IndahnyaMengajar di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Cerita ini berisi tentang serunya mengajar ala beliau disertai foto pengalaman saat mengajar, nah jadi penasaran seperti apa bukunya? Karya tersebut sudah hadir di Perpustakaan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

3. Kisah Inspiratif Guru Fisika

Fisika merupakan pelajaran yang butuh waktu ekstra untuk memahaminya karena memang menggunakan rumus. Namun di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, ada seorang guru fisika yang banyak di kagumi oleh siswanya karena metode mengajar fisikanya yang keren dan mudah di pahami oleh siswanya. Dalam tulisan ini beliau menulis dengan judul Barakallah Ocha dan Teacher Is My Passion. Kedua cerita yang beliau tulis merupakan pengalaman beliau saat mengajar. Siapakah Guru tersebut??? Pasti sudah pada tahu dan menebak - nebak bukan? Beliau adalah Ustad Sumarwoko, buku beliau ini juga sudah hadir di perpustakaan lho sob..

4. Kumpulan Cerpen: Erina Stories

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang di ajarkan oleh beliau, Selain Kumpulan Cerpen: Erina Stories, beliau juga banyak menulis buku yang sebelumnya juga pernah kami tuliskan di blog ini dan koleksinya tersedia di Perpusmuat. Namun siapa sangka buku Erina Stories ini beliau mengajak berkolaborasi dengan putrinya yang bernama Erina Eka Wulandari, tertulis di buku sebagai Editor buku tersebut. Penulis mengambil judul tersebut karena ada keterikatan dengan tokoh cerita. heemmm... semakin penasaran ya sob? Siapakah kira-kira guru tersebut?? Yupss Ustadzah Endah Winarsih, apalagi buku Cerpen tersebut adalah wujud nyata dari sebuah interaksi personal kehidupan, nah bagiamana semakin penasaran bukan? Yuk mari sudah tersedia di Perpustakaan Madrasah Muallimaat tercinta

5. Membumikan Pancasila

Membumikan Pancasila : Bunga Rampai Esai Sekolah Kebangsaan, merupakan antologi esai Laboratorium PPKN. Salah satu tulisan di buku tersebut ditulis oleh salah satu Guru PPKN Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan judul Perbandingan Daarulahdi Waa Syahadah dan Teori Kontrak Sosial (J.J. Rousseau). Mungkin sudah ada yang tahu dengan nama belaiu penulisnya? beliau adalah... Ustadzah Nisalia. Buku ini menghimpun sejumlah esai peserta Serial Sekolah Kebangsaan yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Buku tersebut juga sudah tersedia di Perpustakaan lho sob..


Diharapkan dengan adanya buku ini menginspirasi seluruh keluarga besar dari Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan seluruh pembacanya. Dan semoga dengan adanya karya - karya di atas akan ada lagi sebuah tulisan baru yang memotivasi serta menambah referensi bacaan kita. Sekian dari kami sob, semoga bermanfaat. Salam Literasi...(yg)

3 komentar:

  1. Wah... saya ketinggalan nih ...
    Buku pak yoga mana pak?

    BalasHapus
  2. insya Allah ibu ... doakan aja, siap menggemparkan. Keinginan kami untuk perpus menghasilkan karya...

    BalasHapus