berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERPUSTAKAAN "PROF. SITI BAROROH BARIED" MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERAKREDITASI "A"

Selasa, 29 Oktober 2019

HAFLATUL MAKTABAH MENAMBAH SEMANGAT BERLITERASI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Bulan Oktober, merupakan bulan Bahasa dan Sastra. Bertepatan pada hari itu juga tanggal 28 Oktober merupakan hari sumpah pemuda. Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan lomba untuk memeriahkan acara di bulan tersebut, beberapa kegiatan sudah terlaksana secara menarik dan penuh antusias bagi warga Madrasah Mu’allimaat. Acara tersebut terangkum semua dengan nama “Haflatul Maktabah” nama lain dari acara tersebut “Gebyar Perpustakaan”. Awal kegiatan acara ini dilaksanakan di hari Sabtu, 19 Oktober 2019 dengan berbagai acara lomba menarik dan acara puncaknya pada hari Senin, 28 Oktober 2019 dengan acara Talkshow panel “Modernitas dan Literasi Bahasa” dengan pembicara yang memotivasi serta seru, yaitu Bapak Isna Shobirin dan RUA. Zaenal Fanani, M.Prac.NLP, dengan Tema “ Bersama Semangat Sumpah Pemuda Perteguh Diri Dengan Literasi Sebagai Generasi Islami Yang Berprestasi”. Kalimat dari tema tersebut, memiliki makna memadukan semangat para pemuda untuk selalu berfikir postif, berinovatif serta bersemangat dalam berliterasi ilmu pengatahuan maupun ilmu agama sehingga menjadi generasi islami yang berprestasi.




           Kegiatan Haflatul Maktabah Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta berawal dari hari Sabtu, 19 Oktober 2019. Pada hari pertama tersebut ada beberapa nama kegiatan, yang  pertama, Lomba Literasi Bebas. Lomba tersebut di ikuti oleh Guru, Karyawan serta Siswi Madrasah Mu’allimaat. Para peserta di persilahkan untuk menulis beberapa tulisan bebas antara lain; puisi, pantun, cerpen, artikel, angan-angan, dan tulisan yang menginspirasi, yang kedua Story Telling Aliyah, yang ketiga Taqdiimul Qishah Aliyah, yang keempat Drama Bahasa Aliyah, yang kelima Lenguage Vocal Group Aliyah, yang keenam Speech Aliyah. Di hari pertama ini banyak kegiatan yang berhubungan dengan bahasa sebab Oktober merupakan hari bahasa, hubungannya sangat erat dengan perpustakaan, maka kegiatan ini merupakan kombinasi program antara Central of Language Movement (CLM) dan Perpustakaan. Pada hari kedua Ahad, 20 Oktober 2019 kegiatan banyak berasal dari perpustakaan  antara lain Lomba Orasi yang diikuti siswi Madrasah Mu’allimaat, Lomba yel-yel yang di wakili dari setiap asrama antara lain 13 asrama. Serta lomba logo atau icon perpustakaan. Dari beberapa lomba hari kedua tersebut di harapkan memberi semangat untuk berkreasi serta berinovasi dalam berkarya. Pada hari ketiga Kamis, 24 Oktober 2019 ada lomba mengenai bahasa antara lain Story Telling Tsanawiyah, Taqdiimul Qishah Tsanawiyah, Drama Bahasa Tsanawiyah, Language Vocal Group, dan Speech Tsanawiyah. Di hari keempat Sabtu, 26 Oktober 2019 ada kegiatan penilaian Lomba Perpustakaan Kelas, Lombanya dilaksanakan tanggal Sabtu, 19 Oktober 2019 hingga Sabtu, 26 Oktober 2019 serta waktu penilaian pukul 15.30 WIB – selesai. Diharapkan kegiatan Lomba Perpustakaan Kelas memberikan semangat untuk siswi Madrasah Muallimaat untuk terus memanfaatkan ruang kelas. Acara Puncak Haflatul Maktabah dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2019 di saat Hari Sumpah Pemuda.
            Puncak kegiatan Haflatul Maktabah menjadi meriah karena ada beberapa bagian acara menarik antara lain Grand Launching icon Literasi perpustakaan dan penyematan pin. Icon yang akan di Launching merupakan karya siswi yang dilombakan serta menjadi icon Literasi di Perpustakaan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah itu akan ada Talkshow “Modernitas dan Literasi Bahasa” yang akan di isi oleh 2 Narasumber yang hebat dan menarik yaitu: RUA.Zaenal Fanani, M.Prac.NLP; beliau merupakan Konsultan Pendidikan Trainer Nasional serta Direktur eksekutif LPM Visi Insan Utama, Selain itu ada Isna Shobirin, beliau merupakan Co-Founder of Nusantara Learning Center, Manager of NEC dan NPC serta sebagai Coordinator of NST.
         Diharapkan dengan adanya kegiatan ini selalu memotivasi warga Madrasah Mu’allimaat untuk menghidupkan gerakan Literasi di sekolah, terutama bagi siswi agar terus berinovasi dalam bidang ilmu pengetahuan. Selain itu Literasi berfungsi untuk memperteguh diri sebab pengetahuan merupakan bekal kehidupan dan jika di salurkan/sebarkan akan bermanfaat sebagai amal jariyah. Sehingga siswi menjadi generasi Islami yang berprestasi.

Mohammad Yoga Pratama
Pustakawan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar