berjalan

SELAMAT DATANG DI BLOG PERPUSTAKAAN "PROF. SITI BAROROH BARIED" MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TERAKREDITASI "A"

Sabtu, 26 Januari 2019


Pustakawan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi Kegiatan Pemasyarakatan Budaya Baca Bagi SMP/MTs Tahun 2019




Pada hari Rabu tanggal 23 Januari 2019, Pustakawan Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengikuti Sosialisasi Perpustakaan Kearsipan Kota Yogyakarta di Pevita. Acara dimulai pada pukul 09.00 sampai pukul 11.00. Acara dibuka dengan sambutan dan pengarahan dari Bapak Trianto. Dari acara tersebut ada 8 acara inti yaitu:



Seminar Minat Baca
Pembinaan mulai SD/SMP/Mts di bulan Februari dengan Road Show Seminar ke setiap  kecamatan. Minat baca ini dilaksanakan mulai tanggal 4-24 Februari.
Diskusi Buku
Dilaksanakan 8 tahun dalam satu tahun. Dengan mengirimkan hasil karya buku baru dari anak atau guru.
1.     Lomba Minat Baca
Lomba minata baca ini peserta lomba mengumpulkan hasil karya yang belum dipublikasikan sebelumnya. Untuk hadiah lomba langsung diberikan secara tunai tidak melalui transfer.
Pelatihan Menulis Melisa
Pelatihan ini di laksanakan lebih luas. Dari hasil pelatihan ini siswa dapat menghasilkan karya dan mendapat nilai lebih dari mata pelajaran tersebut dan dapat menerbitkan buku. Untuk angkatan pelatihan ini dilaksanakan 4 kali.
Diskusi Komunitas
Dilaksanakan 4 Kali dalam Setahun.Diskusi ini di antar komunitas seperti Atpusi, Himpusma dll.
Liburan di Perpustakaan
Dilaksanakan waktu liburan sekolah. Kuota 60 orang dan di prioritaskan domisili kota Yogyakarta.Untuk Peserta TK, SD, SMP.
Festival Literasi
Festival ini di laksanakan bulan September 2019 dengan peserta siswa SMP/Mts di Kota Yogyakarta. Kegiatan ini berupa workshop jurnalistik selama 2 hari. Kegiatan ini dalam rangka Semarak Hari Kunjung Perpustakaan.
Bank Buku
Bank buku ini dilaksanakan dengan maksud gerakan peduli buku dan gerakan sumbang buku.  Di sebar di TOP 7 counter, dengan syarat membuat surat ke bank buku.


Selain memberi pengarahan dan informasi tersebut Bapak Triyanto juga menyampaikan tentang Pelatihan Pengelola Perpustakaan pada bulan Agustus 2019.
Jumlah peserta 50 peserta.
Syarat:
a. setiap instansi 1 orang
b. adanya surat tugas dari kepala sekolah
c. berasal dari tenaga perpustakaan
d. dapat mengoperasi komputer
e. mengisi formulir

Untuk pendataan perpustakaan/pembinaan dilaksanakan Maret-April 2019. Tim Pustakawan di pecah menjadi 7 wilayah / daerah kerja. Akan di mulai dari bulan Maret.
Yang di data perpustakaan dalam kondisi/ kategori/ sedang.  Akan diajukan dalam akreditasi Perpustakaan Nasional.

Pengarahan dari Ibu Fitrie
Dalam pengarahannya Ibu Fitri memberikan pengarahan tentang armada yang ada di perpustakaan kota.  Armada yang dipakai ada mobil dan viar. Bila ingin perpustakaannya di datangi aramda dari perpustakaan kota, dengan cara mengajukan surat/ MOU ke perpustkaan kota tanpa di pungut biaya.

...[yg]...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar